Latest News Detail

Angklung Pride 6

Bandung,November 2016 –Angklung telah di sahkan oleh UNESCO sebagai Intangible Cultural Heritage of Humanitysejak 16 November 2010. Untuk memaknai hari istimewa tersebut, Saung Angklung Udjo (SAU)sebagai salahsatukomunitas angklung dan seni tradisional Jawa Barat setiap tahunnya menggelar rangkaian acara “Angklung Pride”. Tahun lalu, SAU diberi kehormatan sebagai perwakilan komunitas angklung untuk tampil di perhelatan 5 tahun pengesahan Angklung di kota Paris, Perancis. Pagelaran tersebut didukung oleh Kementerian Pendidikandan Kebudayaan RI, Perwakilan UNESCO untuk Indonesia dan KBRI Paris. Untuk SAU sendiri, hal tersebut menjadi salah satu rangkaian acara Angklung Pride 5. Tahun ini, Saung Angklung Udjo akan kembali menggelar “Angklung Pride 6”yang akan berlangsung mulai tanggal 16-27 November 2016.

Saung Angklung Udjo yang juga pada tahun ini memasuki usia ke-50 tahun,memiliki tanggung jawab untuk memberikan kontribusi terhadap masa depan bangsa. Bersama dengan mitra, Saung Angklung Udjo berinisiatif untuk turut serta membangun jati diri generasimuda melalui kebesaranfilosofidan kearifan lokal yang terkandung pada senibudaya, khususnyaAngklung. Angklung Pride 6 menjadi momentum bagi Saung Angklung Udjo untuk melangkah dalam merealisasikan tanggungjawab tersebut.

Sebagaimana disampaikan oleh Taufik Hidayat Udjo sebagai Pimpinan Saung Angklung Udjo

"Sejak dulu, Saung Angklung Udjo didirikan dengan cita-cita tinggi, yaitu menjadi pelestaridi bidang seni budaya dan lingkungan. Melalui Angklung Pride 6, kami ingin kembali memperkuat kontribusi dalam meresponisu-isu di masyarakat saat ini melalui kebesaran nilai filosofi dan kearifan local Angklung. Kami berupaya melakukan pelestarian seni budaya dan lingkungan sekitar kami dengan harapan dapat member manfaat bagi masyarakat dan masa depan bangsa.”

 Angklung Pride 6 akandigelardengantiga agenda utama, yaitu:

-          Saung Angklung Udjo sebagai ruang public dalam berkesenian

-          Pemberdayaan masyarakat sekitar

-          Hibah angklung untuk sekolah

 

Bersama tokoh masyarakat, budayawan,komunitas, sekolah-sekolah, dan warga sekitar dengan dukungan mitra, Angklung Pride 6 akan digelar dengan kegiatan sosial kemasyarakatan. Acara akan dimulai tanggal 16 hingga 27 November 2016, dengan rangkaian acaraMini PameranAngklung, PertunjukanKhusus, sertaPenampilan komunitasdan kelompok angklung darisekolah-sekolah di Bandung, yaitu SDN Padasuka1-6,SMP SatuAtapCibanteng, SMAN 9 Bandung, dan SMA 1 PGII Bandung.

Puncak acara akan digelar pada 27 November 2016 di kawasan Kebon Awi Udjo, Cijaringao, yang berjarak sekitar 1,5 km dar ilokasi Saung Angklung Udjo. Puncak acara menampilkan Upacara Helaran, bermain angklung keluarga besar Saung Angklung Udjo bersama masyarakat,Ketangkasan Domba, Pasar Rakyat, serta akan dimeriahkan oleh penampilan seniman dan musisi Jawa Barat Doel Sumbang. Pada kesempatan ini pula, Saung Angklung Udjo akan menyerahkan angklung kepada beberapa sekolah di Bandung sebagai lanjutan program ‘1000 angklung’ yang dilaksanakan oleh Saung Angklung Udjo bersama mitra.

Dengan mengusung konsep “Kebersamaan”, Saung Angklung Udjo ingin menegaskan bahwa Angklung tidak hanya dimiliki oleh pengrajin, pemain angklung, atau budayawan semata. Akan tetapi, angklung adalah milik bersama, tanggung jawab bersama dan kebanggaan bersama dari Indonesia untukdunia. Angklung Pride menjadi upaya bersama dalam rangka memelihara, melindungi, mempromosikan, serta meregenerasikan angklung, sebagaimana syarat yang telah ditetapkan oleh UNESCO.